Dr. SILAHUDDIN

LBP (Low Back Pain) | 30 Agustus 2015

LBP (Low Back Pain)Apa itu LBP?

Back-2BPain-2BMuscles_1LBP (Low back Pain) adalah myeri punggung bawah (sudut bawah tulang rusuk sampai sekitar tulang ekor) berupa iritasi atau kerusakan dari beberapa area punggung bawah baik pada otot, tulang belakang, jaringan ikat, atau bantalan sendi (diskus)nya.

Bisa terjadi akut (menyerang tiba-tiba dan rentang waktunya sebentar – beberapa hari sampai beberapa minggu –) dan kronik (lebih dari 3 bulan)

Penyebabnya Apa Saja? 

Paling sering penyebab LBP adalah trauma oleh karena peregangan yang terlau kuat sebagai hasil dari aktivitas pengangkatan, pengikatan dan sejenisnya. Kondisi atau aktivitas yang bisa menyebabkan LBP antara lain:

– Teknik pengangkatan dan praktek kerja yang keliru

– Sikap tubuh yang buruk

– Kelebihan berat badan

– Kurang olahraga

– Dalam kondisi stress

– Kebiasaan merokok

Disamping itu, LBP bisa disebabkan karena kelainan tulang belakang sejak lahir, infeksi, perubahan jaringan pembentuk tulang belakang.

low-back-spine-pdf-image_1

Pengobatannya Bagaimana?

Pada awalnya, dalam 2-3 hari pertama, pengobatan ditujukan untuk menghilangkan nyeri dan mempercepat penyembuhan. Antara lain:

▷ Kompres ES

Dengan menggunakan handuk kecil, lakukan kompres di area yang sakit selama kurang lebih 20 menit tiap 2-3 jam.

▷ Hindari ‘HARM’ – Heat (panas), Alcohol, Re-injury (cidera ulang), and Massage (Pijat) dalam 2 hari pertama (48 jam awal) karena hal-hal tsb dapat menambah bengkak dan peradangannya. Walaupun saat itu terasa enak dan nyaman)

▷ Istirahat dulu, hanya mengerjakan aktivitas yang dibutuhkan saja.

▷ Hindari duduk sesedikit mungkin

▷ Jika istirahat, posisikan tubuh senyaman mungkin

▷ Tetap bergerak.

Diusahakan lakukan aktivitas jalan kaki sebanyak yang bisa dilakukan secara bertahap.

▷ Minum obat penahan nyeri jika dibutuhkan.

▷ Lakukan fisioterapy sesgera mungkin.

Pencegahannya?

• Tetap aktif beraktivitas

• Kontrol berat badan

• Selalu menjaga postur tubuh yang baik

• Lakukan latihan-latihan punggung yang bsa mempertahankan kelenturan dan kekuatan punggung

• Ketika mengangkat beban, gunakan kaki sebagai tumpuan bukan punggung. Tahan beban sedekat mungkin dengan tubuh dan gunakan kedua lengan.

• Jika bekerja di belakang meja (banyak duduk), pastikan postur tubuh tepat dan baik, jangan dalam postur yang memutar, terlalu rendah atau terlalu tinggi .

• Dan konsultasikan kondisi kerja dengan fisioterapis.

lower-back-pain-thigh-calf-remedies-for-home-pdf-38728

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: