Dr. SILAHUDDIN

FATIGUE | 18 Desember 2015

images (3)Fatigue atau kelelahan adalah suatu kondisi di mana seseorang merasa kehilangan energy dan motivasi dalam melaksanakan aktivitas keseharaiannya. Pun, dia merasa cepat sekali capek walau beraktivitas beberapa saat. Ditambah lagi, dia merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas dia sehari-hari.

Beberapa Penyebab Fatigue

Kurang Tidur

Orang dewasa setidaknya selama 7 – 8 jam dia harus berada dalam aktivitas tidur yang efektif. Semakin banyak waktu tidur dia terkurangi, semakin kuat pula serangan fatigue ini akan menimpanya.

Solusinya:

Prioritaskan dan buat jadwal regular tidur Anda. Jauhkan gadget, TV dan yang lainnya jika Anda sudah masuk jam regular tidur.

Kurang makan

Sedikit makan akan menyebabkan fatigue. Tapi makan yang sembarangan juga akan menimbulkan masalah.

Solusinya:

Jangan lupa sarapan pagi dengan makanan yang mengandung protein dan karohidrat setidaknya seperti telur dan roti.

Anemia

Anemia adalah kekurangan sel-sel darah dalam tubuh. Sehingga berkibat pada kurangnya oksigen yang dibawa sel darah merah ke setiap sel. Pada akhirnya, energy yang dihasilkan dari metabolisme tubuh juga berkurang. Anda akan udah jatuh dalam fatigue.

Solusinya:

Jika telah nyata anemianya disebabkan karena kekurangan zat besi, maka perbanyaklah makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, hati, kerang-kerangan, cereal dan bawanga dan lainya.

Depresi

Depresi bukan semata gangguan psikis. Tapi sangat bisa menyebabkan gejala fisik. Diantaranya gejala depresi adalah nyeri kepala, hulang nafsu makan dan tentunya kelelahan atau fatigue.

Solusinya:

Depresi akan berespon sangat baik dengan pendekatan terapi bicara. Sampaikan semua keluhan yang menyesakkan dada kita kepada yang bisa anda percaya termasuk dokter. Bisa pula dibantu dengan obat-obatan anti depresi. Jika depresi hilang, dengan sendirinya, fatigue juga akan tidak muncul.

Terlau banyak kafeinimages (7)

Kafein dalam jumlah menengah mempunyai efek yang baik seperti menjaga terus terjaga, dan menambah konsentrasi. Akan tetapi dalam jumlah yang terlalu banyak, lebih dari 3 gelas perhari, akan menyebabkan cepatnya denyut jantung, naiknya tekanan darah dan timbulnya kecemasan dan tentnya fatigue.

Solusinya:

Kurangi konsumsi secara gradual atau bertahap. Memberhentikan secara mendadak, akan memicu reaksi putus kafein dan menimbulkan fatigue yang gejalanya lebih berat.

Diabetes

Diabetes memicu timbulnya fatigue karena ketidakmampuan tubuh untuk melibatkan glukosa dalam metabolism di dalam sel. Walupun makin banyak, tetap energy tidak terbentuk signifikan.

Solusinya:

Jika anda mengenal dan merasakan gejala klasik diabetes, dan timbul fatigue yang anda tidak bisa secara pasti tahu apa sebabnya, maka saat itulah waktu yang tepat untuk melakukan tata laksana diabetes dengan mengedepankan diet yang baik dan banyak olahraga di samping dibantu dengan obat-obatan.

Cara yang terbukti EFEKTIF menaklukkan fatigue adalah, begitu serangan fatigue derajat ringan itu menimpa kita, kita dianjurkan untuk berolahraga ringan sekedar naik sepeda statis selama 20 menit. Dan dijamin fatigue akan hilang. Apalagi jika bisa dirutinkan setidaknya 3x dalam seminggu, tentu hasilnya akan lebih baik. (dr. Silahuddin)

 

 

Sumber :

http://www.medicinenet.com/fatigue/article.htm

http://www.webmd.com/sleep-disorders/ss/slideshow-fatigue-causes-and-remedies?print=true

 

 

 

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: