Dr. SILAHUDDIN

Waspada, Ini 5 Alasan Anda Harus Jauhi Minuman Soda | 28 Desember 2015

soda-ilustrasi-_150826211315-317Minuman bersoda memiliki berbagai variasi rasa yang manis sekaligus menyegarkan. Tak heran jika minuman bersoda kerap menjadi pilihan untuk mendampingi berbagai kudapan saat makan. Akan tetapi, terlepas dari rasanya yang segar, minuman bersoda menyimpan beberapa dampak negatif bagi tubuh. Berikut ini ialah lima dampak negatif minuman bersoda yang perlu Anda ketahui sebelum mengkonsumsi minuman bersoda.

1. Ketergantungan

Minuman bersoda mengandung kafein, suatu zat yang bekerja sebagai perangsang dan pendorong meningkatnya energi sementara. Terlalu banyak kafein dapat membuat Anda merasa lelah dan tekanan darah meningkat. Kafein juga menyebabkan ketergantungan, yang dapat membuat Anda merasa depresi hingga lelah jika tidak mengkonsumsinya,

2. Berat Badan Bertambah

Penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center menunjukkan bahwa meminum minuman bersoda, atau pun diet soda dapat meningkatkan risiko berat badan berlebih serta obesitas. eMedExpert bahkan menyatakan bahwa satu kaleng minuman bersoda dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 16 kali. Selain mengandung kalori yang cukuo tinggi, minuman bersoda juga hanya mengandung sedikit gizi yang baik untuk tubuh.

3. Dehidrasi
Jika Anda haus, minuman bersoda harus menjadi pilihan terakhir untuk melepas dahaga. Pasalnya, meminum minuman bersoda sama sekali tidak meredakan haus. Sebaliknya, kafein dalam soda justru dapat menyebabkan dehidrasi karena zat tersebut akan merangsang Anda untuk buang air kecil lebih sering.

4. Kerusakan Tulang

Penelitian Tufts University menunjukkan bahwa konsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang dan bertambahnya risiko osteoporosis. Asam fosfat dalam minuman bersoda juga dapat menghalangi tubuh untuk menyerap kalsium serta merusak email gigi dan menyebabkan gigi sensitif.

5. Berbagai Masalah Kesehatan Lain

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat menyebabkan sindrom metabolik, di mana risiko diabetes dan gangguan jantung akan meningkat. Sering kali minuman bersoda juga menyebabkan fungsi ginjal menurun serta merusak proses pencernaan dalam usus. Di sisi lain, minuman bersoda yang dikonsumsi terlalu sering juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti darah tinggi hingga batu ginjal.

Sumber:

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/12/26/nzy116330-waspada-ini-5-alasan-anda-harus-jauhi-minuman-soda

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: