Dr. SILAHUDDIN

10 Penyakit Berat Karena Merokok | 3 Februari 2016

downloadMerokok membunuh Anda. Dalam 50 tahun terakhir, 20 juta orang meninggal dunia di usia muda karena merokok. Jumlah tersebut setara dengan gabungan populasi 5 kota terbesar di AS. Jumlah yang besar….!!!

Ditambah lagi, sebelum rokok betul-betul membunuh Anda, lebih dahulu Anda akan merasakan penderitaan oleh karena bebErapa penyakit yang berat.

Sepuluh penyakit terberat karena rokok adalah:

  1. Kanker Paru

Kanker paru adalah penyebab kematian terbanyak dibanding dengan kanker yang lain. Merokok merupakan faktor resiko tertinggi terjadinya kanker ini. 87% kematian penderita kanker paru disebabkan oleh rokok. Kesempatan hidup Anda setelah didiagnosa kanker paru dalam 5 tahun kedepan diperkirakan hanya 1 dari sekala 5.

  1. PPOM

PPOM (Penyakit Paru Obstruktif Menahun) adalah penyakit obstruksi paru yang mengakibatkan penderitanya sulit untuk bernafas. Penyakit ini menyebabkan gangguan dalam jangka waktu yang lama. Gejala awalnya yakni merasa berat untuk melakukan aktifitas semisal bermain dengan cucu, kemudian berlanjut semakin parah sampai pada kondisi dimana hanya dengan naik tangga pendek atau bahkan hanya berjalan keluar halaman saja sudah merasa berat bahkan tidak bisa .

PPOM ini membuat penderitanya terperangkap di rumahnya karena tidak mampu melakukan hal-hal yang diinginkan.

Sebanyak 80% PPOM disebabkan karena merokok. Di AS, PPOM menjadi pembunuh no.3.

  1. Penyakit Jantung

Merokok dapat membahayakan hampir seluruh organ dalam tubuh Anda termasuk jantung. Merokok dapat menyebabkan sumbatan dan pendangkalan arteri yang berarti sedikit darah dan oksigen yang mengalir menuju jantung. Ketika konsumsi rokok menurun, menurun pula angka kejadian penyakit jantung. Sampai sekarang penyakit jantung adalah pembunuh no.1 di AS bahkan di dunia.

  1. Stroke

Oleh sebab merokok berefek pada pembuluh darah arteri, akibatnya menuju pada terjadinya stroke. Stroke terjadi ketika suplai drah ke otak terblokade sementara. Sel-sel otak kekurangan oksigen dan mati. Stroke sendiri mengakibatkan seseorang mengalami kelemahan anggota badan, gangguan bicara dan akhirnya meninggal dunia. Di AS, stroke adalah pembunuh no.4 dan penyebab utama terjadinya kcacatan pada orang dewasa.

  1. Asma

Asma madalah penyakit paru kronis berupa gangguan proses pernafasan. Asma terpicu oleh karena iritasi jalan nafas karena merokok sehingga terjadi serangan akut dan berat.

  1. Gangguan Reproduksi Wanita

Merokok dapat menyebabkan kehamilan di luar kandungan di mana hal ini merupakan keadaan emergensi dalam bidang ilmu kebidanan dan kandungan. Pula, wanita perokok berpotensi untuk mengalami kesulitan untuk hamil.

  1. Bayi Prematur dan BBLR

Ternyata efek rokok bukan hanya pada perokoknya. Janin yang dikandung wanita perokok pun bisa terpengaruh dengan terjadinya kelahiran premature atau berat badan bayi lahir yang rendah (BBLR). Bayi premature jelas berresiko terkena berbagai macam gangguan kesehatan bahkan kematian.

  1. Diabetes

Perokok mempunyai resiko 30-40% lebih tinggi terkena diabetes dari pada non perokok. Juga, seseorang dengan diabetes jika dia adalah perokok, maka akan lebih berpotensi terkena komplikasi dari diabetes itu sendiri misalnya penyakit jantung, ginjal, gangguan peredaran darah ke tungkai yang berkonsekuensi pada tindakan amputasi, kebutaan dan kerusakan syaraf.

  1. Kebutaan dan Katarak

Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada mata yang berakhir pada hilangnya kemampuan melihat seperti pada katarak dan AMD (Age related Macula Degeneratin) pada mereka yang berusia  65 tahun lebih.

  1. Lebih dari 10 jenis kanker yang lain

Sesungguhnya semua kanker bisa disebabkan karena merokok. Pada penderita kanker yang merokok mempunyai kemungkina lebih besar terkena kanker yang kedua dari yang kanker yang sudah dia derita. Akhir-akhir ini setidaknya lada 12 jenis kanker yang disebabkan oleh rokok termasuk kanker hati, kolorektal, dan prostat.

Sumber: http://www.stateoftobaccocontrol.org/listicles/10-worst-diseases-smoking-causes.html?referrer=https://www.google.co.id/

MEROKOK MEMBUNUHMU!

 

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: